A. Sekolah

SMP Negeri 1 Tlanakan berdiri pada tanggal 1 Juli 1983. Hingga kini, sekolah kami telah menghasilkan ribuan lulusan yang tersebar di wilayah madura hingga luar pulau madura.

Sekolah yang menempati lahan sekitar 12.650  m2 ini, merupakan sekolah menengah pertama negeri satu-satunya di Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan. Dengan menggunakan kurikulum 2013 (sebelumnya KTSP), sekolah ini terdiri atas 3 tingkatan, yakni kelas VII, VIII dan IX atau masa studi normal 3 tahun. Pada tahun ajaran 2018/2019 tercatat sekitar 402 Peserta Didik yang terbagi dalam 14 rombongan belajar, sekolah ini diasuh oleh 40 guru. Beberapa fasilitas pendukungnya antara lain 17 ruang kelas, 1 laboratorium IPA, 2 laboratorium Komputer, 1 perpustakaan, musholla, dan fasilitas olah raga serta ekstra kurikuler.  

 

B. Sebagai Sekolah Standar Nasional (SSN)

Sekolah Standar Nasional (SSN) merupakan sekolah yang telah memenuhi Standar Nasional Pendidikan (SNP), yang berarti memenuhi tuntutan Standar Pelayananan Minimum (SPM) sehingga diharapkan mampu memberikan layanan pendidikan yang standar dan menghasilkan lulusan dengan kompetensi sesuai standar nasional yang ditetapkan.

SMP Negeri 1 Tlanakan menyandang status sebagai Sekolah Standar Nasional (SSN) pada tahun 2008.

 

C. Periodisasi Kepala Sekolah