Struktur organisasi sekolah merupakan suatu bentuk yang berupa urutan atau daftar yang berfungsi sebagai suatu upaya dalam menjelaskan tugas dan fungsi dari setiap komponen penyelenggara pendidikan yang bersangkutan dengan sekolah tersebut. Selain sebagai penjelasan mengenai tugas dan fungsi dari setiap komponen yang bersangkutan, pada struktur tersebut kita dapat melihat mengenai kepeminpinan seseorang siapa yang menjadi peminpin dan siapa saja yang dipimpin.

Berikut merupakan daftar dan penjelasan dari struktur organisasi SMP Negeri 1 Tlanakan :

 

 

Penjelasannya;

  1. Kepala Sekolah
    Secara singkatnya kepala sekolah dapat diartikan sebagai seorang pemimpin dalam suatu sekolah. Namun secara garis besar kepala sekolah merupakan seorang tenaga pendidik/guru yang diberi tugas tambahan untuk memimpin suatu sekolah dalam menyelenggarakan proses belajar mengajar yang sekaligus memiliki tanggung jawab terhadap pengelolaan dan administrasi sekolah.
  2. Wakil Kepala Sekolah
    Wakil kepala sekolah merupakan seorang tenaga pendidik/guru yang yang diberi tugas tambahan untuk membantu kepala sekolah dalam menyelenggarakan proses pendidikan di sekolah. Dalam membantu kepala sekolah, wakil kepala sekolah memiliki tugas yang mencakup beberapa bidang yaitu sebagai berikut :
    • Wakasek Bidang Kurikulum
    • Wakasek Urusan Kesiswaan
    • Wakasek Bidang Humas
    • Wakasek Urusan Sarana dan prasarana
  3. Dewan Guru
    Merupakan seorang tenaga pendidik atau pengajar yang memiliki peran dan tanggung jawab dalam proses pembelajaran pada satu atau dua bidang pelajaran.
  4. Kepala Tata Usaha
    Merupakan seorang yang berperan sebagai pemimpin untuk seluruh petugas pengelola dan pelaksana dalam tekhnis penyelenggaraan sistem administrasi dan informasi di sekolah.